Michel Foucault

Posted by admin On Rabu, 21 Desember 2011 0 komentar
Michel Foucault adalah seorang Filosof asal Prancis. Sering diasosiasikan dengan gerakan strukturalis, tetapi Dreyfus dan Rabinow, dua komentator Foucalt, pernah harus merevisi kategori strukturalis yang diatributkan kepadanya. Kelompok Marxis menyebutnya pengkhianat, sedangkan kalangan liberal menuduhnya teknokrat. Dedengkot konservatif memanggilnya anarkis sayap Kiri dan seorang profesor Amerika mengejeknya sebagai Crypto-Marxis.

Foucault lahir di Poitiers, Prancis pada 15 Oktober 1926. Keluarganya berasal dari kalangan medis, hingga orang tuanya menginginkan ia memilih profesi yang sama. Tetapi Foucault justru tertarik pada studi filsafat, sejarah, dan psikologi. Meski demikian pemikiran Foucault berkaitan erat dengan bidang medis, khususnya psikopatologi.

Pada 1946 ia menyelesaikan pendidikan di Ecole Normale Superiure. Menerima lisensi filsafat pada 1948 dan dua tahun kemudian memperoleh lisensi dalam bidang psikologi. Ia juga mendapat diploma dalam psikopatologi.

Karir akademisnya diawali dengan menjadi staf pengajar di Universitas Uppsala, Swedia untuk bidang sastra dan kebudayaan Prancis (1955-1958), juga menjadi dosen di berbagai universitas di Prancis. Sempat juga terjun ke dunia politik dan bergabung dengan Parai Komunis Prancis hingga 1951.

Sebagai seorang akademisi ia produktif melakukan penelitian dan menerbitkannya. Bukunya yang pertama berjudul Malaidie mentale et personnalitte (penyakit Mental dan Kepribadian) yang terbit pada 1954. Hasil penelitiannya yang ia kerjakan untuk disertasi kemudian diberi judul Historie de la folie al'age classique (kegilaan dan Ketaksadaran. Sejarah Kegilaan dalam Periode Klasik). Karya-karyanya yang lain adalah: Madness and Civilization, The Birth of the Clinic, Death and The Labyrinth, The Order of Things, The Archaeology of Knowledge, Discipline and Punish, The History of Sexuality.

Foucault meninggal dunia pada 25 Juni 1984 dalam usia 57 tahun karena penyakit AIDS yang dideritanya.


0 komentar: