Luo Guanzhong

Posted by admin On Minggu, 04 Maret 2012 0 komentar
Luo Guanzhong adalah nama salah satu penulis Cina yang hidup pada masa Dinasti Yuan (Mongol) dan awal Dinasti Ming. Luo Guanzhong dianggap sebagai penulis novel sejarah Romance of the Three Kingdom (Sam Kok, San Guo Yan Yi, atau Kisah Tiga Negara). Novel ini membuat zaman Sam Kok menjadi salah satu dinasti paling populer dalam sejarah Cina, serta menjadi dasar untuk banyak serial TV, film maupun video game.

Luo Guanzhong juga dihubungkan dengan novel Water Margin (Tepi Air), karena konon dia yang menjadi editor dari buku tersebut. Kedua novel tersebut sangat hingga sekarang dan merupakan dua dari empat novel klasik terbesar dalam literatur Cina. Tetapi ada pendapat bahwa Shi Naian, yang dianggap sebagai penulis Water Margin, sebenarnya adalah nama samaran Luo Guanzhong. Meski demikian para sejarawan sastra meragukan bahwa dua nama tersebut merupakan orang yang sama.

Tidak diketahui dengan pasti kapan ia lahir. Berdasarkan penelitian kemungkinan besar ia dilahirkan antara tahun 1315-1318 M. Banyak yang mengatakan ia berasal dari Taiyuan yang merupakan kota kelahirannya meski sejarawan lain menyebut beberapa tempat lain, termasuk Hangzhou dan Jiangnan.

0 komentar: