Alexandra Kosteniuk

Posted by admin On Minggu, 23 Oktober 2011 1 komentar
Alexandra Konstantinovna Kosteniuk yang biasa dipanggil Sasha adalah seorang pemain catur wanita asal Rusia. Dia menjadi wanita ke-10 yang mendapat gelar Grandmaster (pria) setelah sebelumnya memiliki gelar Woman Grandmaster (WGM) pada 1998 dan International Master (IM) pada 2001. FIDE menganugerahi gelar GM selama kongres FIDE berlangsung di Calvia (2004). Kosteniuk pernah jadi juara Eropa (2004), juara Rusia (2005) dan pada 2008 berhasil meraih gelar juara dunia catur wanita yang diselenggarakan di Nalchik, Rusia. Dia memastikan gelar juara setelah mengalahkan pecatur belia asal Cina Hou Yifan dengan skor 2.5:1.5.

Kosteniuk lahir di salah satu kota Rusia, Perm, pada 23 April 1984. Sejak 1985 tinggal di Moskow. Setelah lulus kuliah di Russian State Academy of Physical Education pada 2003 dia pun memiliki sertifikat sebagai pelatih catur profesional. Menjadi pelatih catur profesional memang merupakan cita-citanya karena dia senang sekali mengajar catur.

Orang yang berjasa mengenalkan catur adalah ayahnya sendiri, Konstantin Vladimirovich yang mengajarinya sejak Sasha berumur 5 tahun. Ayahnya menjadi pelatih pertama dan melatihnya selama berjam-jam setiap hari sehingga kemampuannya berkembang cepat. Maka pada 1994 Kosteniuk menjadi juara dalam kejuaraan Eropa untuk kategori dibawah 10 tahun dan jadi prestasi pertamanya. Sebulan kemudian ia menempati peringkat pertama dan kedua dalam kejuaraan dunia dibawah 10 tahun.

Saat ini Kosteniuk memiliki rating FIDE 2469 (September 2011) dan berada di urutan ke-31 dalam daftar pemain catur wanita dunia.


Diary of a Chess Queen, alexandra kosteniuk

Selain bermain catur Kosteniuk menulis buku-buku tentang catur. Buku pertamanya berjudul How I Became Grandmaster at Age 14. Buku ini diterbitkan dalam 3 bahasa, yaitu bahasa Inggris, Rusia, dan Spanyol. Buku lain yang ia tulis adalah Diary of a Chess Queen yang diterbitkan pada 2010.


1 komentar:

panduan belajar blog mengatakan...

wah, prestasinya bagus banget!