Ali bin Rabban at-Tabari

Posted by admin On Rabu, 09 Januari 2013 0 komentar
Seperti Ibnu Sina, Ali bin Rabban at-Tabari merupakan ahli pengobatan yang termasyhur di dunia Islam klasik. Masyarakat muslim mengenalnya dengan nama Abu al-Hasan. Dokter jenius dari abad ke-9 M ini cukup banyak menyumbangkan jasanya dalam bidang kesehatan. Salah satu karyanya berjudul Fidaus al-Hikmah, yang ditulis dalam tujuh jilid, merupakan ensiklopedi kesehatan yang berisi tentang cabang-cabang ilmu kesehatan.

Ali bin Rabban at-Tabari berasal dari keluarga Yahudi di kota Marv, Tabristan. Nama lengkapnya Abu al-Hasan Ali bin Sahl Rabban at-Tabari, lahir pada tahun 838 M. Ayahnya seorang dokter dan penulis kaligrafi yang ulung. Dari ayahnya Ali pertama kali belajar ilmu kesehatan dan kaligrafi.

Ali bukan hanya seorang dokter ahli, dia pun menguasai berbagai macam ilmu lain. Dia ahli dalam ilmu astronomi, filsafat, matematika, dan sastra. Dia juga mahir berbahasa Arab Syiria dan Yunani. Ali juga merupakan guru dari ahli pengpbatan terkenal, Zakaria ar-Razi.

Buku karyanya, Fidaus al-Hikmah dia tulis setelah memeluk agama Islam. Fidaus al-Hikmah dia tulis dalam bahasa Arab, kemudian dia terjemahkan sendiri ke dalam bahasa Syiria. Buku ini dibagi kedalam tujuh bagian; bagian pertama memuat masalah doktrin ilmu kesehatan kontemporer, berjudul Kulliyatu at-Thibb, bagian kedua berisi uraian bagian-bagian organ tubuh manusia, peraturan mejaga kesehatan dan laporan tentang penyakit-penyakit yang pasti menghinggapi otot, bagian ketiga berisi deskripsi tentang diet, bagian keempat tentang seluruh penyakit yang biasa menimpa badan, bagian kelima berisi deskripsi tentang rasa dan warna, bagian keenam tentang obat-obatan dan racun, dan bagian ketujuh berisi diskusi tentang astronomi,  juga ringkasan pengobatan ala India.

Buku-buku karyanya diterjemahkan ke dalam asing, seperti bahasa Inggris dan Jerman. Selain Fidaus al-Hikmah, Buku lain yang pernah dia tulis adalah Diin ad-Daulah (Agama Negara) dan Hifzhu as-Shihhah (Menjaga Kesehatan).

Ali bin Rabban at-Tabari wafat pada tahun 870 M.

0 komentar: