Suryana Fatah

Posted by admin On Rabu, 28 September 2011 2 komentar
Suryana Fatah merupakan seorang pelawak asal Garut. Bersama Kang Ibing, Wawa Sofyan, Ujang dan Aom Kusman, ia membentuk grup lawak De Kabayan yang populer pada tahun 1970-an dan 1980-an. Di grup itu Suryana Fatah memerankan tokoh orang Tionghoa dengan panggilan Ho Liang. Sebelum bergabung dengan De Kabayan, Suryana terkenal dengan grup lawak 4S bersama Suf Yusuf yang bergabung dalam kelompok itu.

Karena berpenampilan, berperilaku serta dan berbicara dengan logat orang Tionghoa, ia sering dikira sebagai orang Tionghoa. Padahal ia orang Sunda asli. Lahir di Leles, Garut pada tahun 1920 dan tidak bisa berbahasa Mandarin.

Selain menjadi pelawak Babah Ho Liang juga memiliki kemampuan olah vokal. Sekitar 7 buah album yang dihasilkan termasuk kompilasi. Album pertama berjudul Alung-alung yang dikeluarkan perusahaan rekaman Nusantara Recording di tahun 1978. Meski Suryana Fatah hanya melantunkan 3 lagu plus 1 lagu duet dengan sang anak, Nana S. Fatah. Sukses dengan album pertama kemudian dilanjutkan dengan album Alung-alung II dan Araraneh.

suryana fatah
Pada tahun 1984 album bertajuk Heureuy Sunda “Babah Ho Liang Brang Breng Brong” menjadi alternatif Suryana Fatah berkomedi selain bersama De Kabayan. Album berisi ocehan komedi duo yang melibatkan Wawa Sofyan teman segroup di De’ Kabayan's.

Sejak "pensiun" dari De Kabayan tahun 1994, aktivitasnya adalah berdakwah pada sejumlah masjid dan kegiatan yang sifatnya religius di Kota Bandung. Suryana Fatah meninggal di Bandung dalam usia 83 tahun pada tanggal 6 Septémber 2003.


2 komentar:

Herman mengatakan...

Aku baru tau sekarang Suryana Fatah sudah meninggal (th 2003), aku cari tau setelah Aom Kusman meninggal.

Vir Firman Herdiana mengatakan...

Bener Saya Juga Baru tau bahwa salah satu anggota Legend komedian ternama dari Kota Bandung "Kang Suryana Fatah" telah meninggal pada tahun 2003, dan saya juga tahu setelah membaca informasi meninggalnya Kang Ibing & Aom Kusman..
Selamat Jalan Kang Semoga Amal Ibadah Kalian Di terima di Sisi Alloh SWT..
Karya" Kalian Akan Tetap Abadi,.