Benedetto Croce

Posted by admin On Senin, 25 Maret 2013 0 komentar

Benedetto Croce  (1866-1952)  adalah seorang filosof dan sejarawan Italia. Ia lahir di Pescasseroli  pada 25 Februari 1866 dan meninggal di Naples tangggal 20 November 1952. Ia berasal dari keluarga kaya (tuan tanah) di daerah Abruzzi  di wilayah Italia Tengah dan memperoleh pendidikannya di sekolah Katolik di mana kedua orang tuanya merupakan penganut Katholik yang fanatik. 

Pada tahun 1883, Croce kehilangan keluarganya akibat dari bencana alam yaitu gempa bumi yang menewaskan orang tuanya dan mengakibatkan Croce menjadi orang yang tertutup dari lingkungan sekitarnya. Kemudian ia hidup bersama pamannya di Roma dan di sana ia belajar hukum di sebuah universitas. Namun, ia tidak pernah meraih posisi yang berarti dalam bidang ini.

Selam tahun-tahun berikutnya, Croce melakukan perjalanan ke Spanyol, Jerman, Prancis, dan Inggris. Ia menjadi tertarik terhadap sejarah setelah membaca literatur sejarah karya Francesco De Sanctis. Di bawah pengaruh pemikiran Gianbattista Vico's (1668-1744) tentang seni dan sejarah, ia pindah ke jurusan Filsafat pada tahun 1893. 

Seorang temannya, filosof Giovanni Gentile menganjurkannya untuk membaca karya Hegel. Komentar Croce yang cukup terkenal tentang Hegel adalah What is Living and What is Dead in the Philosophy of Hegel, yang diterbitkan tahun 1907. Croce mempunyai wawasan dan pengetahuan yang cukup luas dalam bidang sejarah, aestetika, moral dan filsafat.

Akibat dari pengaruh dari aliran-aliran kontemporer tersebut, Croce yang hidup pada masa fasisme Italia dan pasca fasisme Italia, menganggap dan menyatakan bahwa kebenaran sejarah yang sebenarnya merupakan sejarah kontemporer (every true history is contemporary history). Hal ini maksudnya bahwa fakta-fakta sejarah yang sebenarnya merupakan fakta-fakta sejarah yang dikemukakan oleh para penganut aliran kontemporer, termasuk Croce. Karena dipandang lebih objektif daripada tulisan sejarah yang dihasilkan oleh para penganut aliran Positivisme yang pada saat itu lebih cenderung kepada tulisan yang cenderung kepada penelitian atau tulisan yang bersifat kepurbakalaan (Antiquarianisme) yang kaku dan adanya unsur-unsur subjektif dan irasional pada tulisan atau karya sejarah dan karya-karya tulis yang lain yang dihasilkan oleh penganut Positivisme.
Croce menghasilkan banyak karya, yaitu Filosofia come scienza dello spirito, History as the Story of Liberty, Theory and History of Historiography, A History of Italy; 1811-1915, dan The Poetry of Dante. Dalam bidang sosial politik dan filsafat, ia menulis My philosophy and other Essays on the Moral and Political Problems of our Time, Politics and Morals, dan Philosophy of the Practical; Economic and Ethic.  






0 komentar: