Imam Muslim

Posted by admin On Minggu, 06 Oktober 2013 0 komentar
Imam Muslim merupakan perawi hadits paling terkemuka setelah Imam Bukhari, penyusun kitab Sahih Muslim dan berbagai kitab hadits lainnya.  Nama  lengkapnya adalah Imam Abul-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al-Qusyairi an-Naisaburi. Lahir di Naisabur pada 206 H. 

Imam Muslim sudah belajar ilmu hadits sejak tahun 218 H. Untuk belajar hadits Ia pergi Hijaz,Irak, Syam, Mesir, dan berbagai negeri muslim lainnya. Di tiap daerah yang ia kunjungi ia berguru kepada para ulama seperti Yahya bin Yahya, Ishak bin Rahawaih, Muhammad bin Mahran, Abu Ansan, Ahmad bin Hanbal, Abdullah bin Maslamah, Said bin Mansur, Amr bin Sawad, dan Harmalah bin Yahya.ulama lain yang menjadi gurunya antara lain; Usman dan Abu Bakar (keduanya putra Abu Syaibah), Syaiban bin Farwakh, Abu Kamil al-Juri, Zuhair bin Harb, Amr an-Naqid, Muhammad bin al-Musanna, Muhammad bin Yassar, Harun bin Said a-Ayli, Qutaibah bin Saad, dan lain-lain.

Ketika Imam Bukhari datang ke Naisabur, Imam Muslim sering datang kepadanya untuk berguru. Saat terjadi fitnah yang menimpa Imam Bukhari sehingga terjadi konflik antara Bukhari dengan az-Zihli, ia bergabung dengan Bukhari. Sehingga ia tidak memasukkan hadits-hadits yang diterimanya dari az-Zihli ke dalam kitab Sahihnya, meski dia merupakan gurunya. Tetapi hal yang sama ia lakukan juga terhadap Bukhari.

Karyanya yang berjudul al-Jami as-Sahih atau lebih dikenal dengan Sahih Muslim dianggap sebagai salah satu dari dua kitab hadits paling sahih. Imam Muslim menyusun kitab ini yang berisi 12 ribu hadits selama lima belas tahun dengan menyaring dari sekitar 300 ribu hadits. 

Imam Muslim wafat pada hari Senin, 25 Rajab 261 H dalam usia 55 tahun. Beliau dikebumikan di kampung Nasr Abad, salah satu daerah di luar Naisabur.

Karya-karya Imam Muslim:
1. Al-Jami as-Sahih (Sahih Muslim)
2. Al-Musnadul Kabir
3. Kitabul Asma wal Kuna
4. Kitab al-Ilal
5. Kitab al-Aqran
6. Kitab Sualatihi Ahmad bin Hanbal
7. Kitab al-Muhadramin
8. Kitab Man Laisa Lahu illa Rawin Wahid
9. Kitabul Intifa bi Uhubis Siba
10. Kitab Auladis Sahabah
11. Kitab Awhamil Muhaddisin


Dirangkum dari buku Kitab Hadits Sahih yang Enam karya Muhammad Muhammad Abu Syuhbah

0 komentar: