Brian Clough

Posted by admin On Rabu, 30 November 2011 0 komentar
Brian Howard Clough (21 Maret 1935–20 September 2004) adalah salah satu manajer sepakbola terbesar dalam sejarah liga Inggris. Bersama Peter Taylor yang menjadi asisten manager Brian Clough menorehkan prestasi membawa klub kecil Derby County dan Nottingham Forest ke level tertinggi liga Inggris dan membawa klub tersebut menjadi juara, masing-masing pada musim 1971-72 dan 1977-78.

Sebelum menjadi pelatih Brian Clough memulai karir sebagai pemain sepakbola pro pada 1955 dengan berposisi sebagai striker. Ia bermain bersama Middlesbrough selama 6 musim dengan menghasilkan 197 gol dari 213 penampilan. Pada tahun 1961 pindah ke Sunderland dan bermain selama 3 musim sebelum pensiun karena cedera panjang yang dideritanya. Di Sunderland dia menyumbang 54 gol dari 61 penampilan.

Clough kemudian melanjutkan karir sepakbolanya dengan menjadi pelatih. Hartlepools United adalah klub pertama yang dia tangani bersama Peter Taylor dan saat itu dia menjadi pelatih termuda dalam sejarah sepakbola Inggris. Namun keduanya dipecat karena tidak berhasil membawa Hartlepool sesuai target yang diinginkan.

Klub selanjutnya yang ditangani oleh duet pelatih ini adalah Derby County yang saat itu berada di divisi 2 liga Inggris. Tanpa sepengetahuan pimpinan klub, Clough berani mendatangkan pemain-pemain berkelas hingga membawa Derby juara divisi 2 dengan membuat rekor 22 pertandingan tak terkalahkan. Sejak itu Derby menjadi penghuni papan atas divisi 1 dan akhirnya meraih 1 gelar juara pada tahun 1972. Gelar tertinggi pertama Derby County sejak berdiri sebagai klub sepakbola profesional di liga inggris.

Prestasi yang dibuat Clough bersama Peter Taylor, termasuk membawa Derby ke semifinal Piala Champions sebelum dikalahkan Juventus ternyata tidak membuatnya aman dari pemecatan. Clough bersama asistennya terpaksa harus pergi akibat hubungan yang selalu memburuk dengan petinggi klub.

Selepas dari Derby County, Brian Clough dan Peter Taylor dikontrak klub divisi paling bawah Brighton & Hove Albion. Namun keduanya berselisih dan berpisah karena Clough memilih menangani Leeds United yang ditinggalkan Don Revie karena melatih timnas Inggris.

Di Leeds Clough hanya bertahan selama 44 hari. Hubungan yang tidak harmonis dengan pemain membuat Leeds terus menuai hasil buruk. Leeds yang berada di posisi 4 paling bawah dengan 4 poin dari kemungkinan 12 poin adalah prestasi terburuk dalam 15 tahun terakhir. Akibatnya pada 12 September 1974 dia dipecat oleh direktur Leeds.

Brian Clough dan Peter Taylor kembali bersama setelah keduanya setuju untuk menangani Nottingham Forest menggantikan Allan Brown pada 6 januari 1975. Nottingham Forest saat ia datang berada di peringkat 13 divisi 2 liga Inggris. Publik Nottingham sangat antusias menyambut duet pelatih ini hingga tiap akhir pekan stadion selalu penuh.

Selama 18 tahun menangani Nottingham Forest (1975-1993) Clough berhasil memberikan gelar juara liga Inggris (1977-1978) serta dua gelar piala Champions selama dua tahun berturut-turut. Dia menjadi orang kedua setelah Herbert Chapman yang memenangkan gelar liga dengan dua klub yang berbeda. Tetapi prestasi terbesarnya adalah rekor 42 pertandingan tak terkalahkan di Liga yang dibuat sejak 26 November 1977 sampai 25 November 1978. Rekor ini baru dipecahkan oleh Arsenal pada 2004, satu bulan sebelum Clough meninggal dunia.

Brian Clough memutuskan pensiun sebagai manajer pada 1993 saat Sheffield United mengalahkan Nottingham Forrest 2-0 dan memastikan timnya degradasi. Perpisahannya sangat menyedihkan dan membuat menangis banyak orang termasuk Clough sendiri. Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya warga Nottingham membuat patung Brian Clough yang diletakkan di tengah kota. Clough meninggal dunia pada 20 September 2004 dalam usia 69 tahun.

0 komentar: