Mary Blair

Posted by admin On Jumat, 21 Oktober 2011 0 komentar
Seniman besar Amerika, Mary Blair, terkenal sebagai ilustrator Walt Disney. Konsep gambar dalam film-film Walt Disney seperti Alice in Wonderland, Peter Pan, Song of the South, dan Cinderella merupakan hasil rancangannya.

Mary Blair (Mary Robinson) lahir pada tanggal 21 Oktober 1911 di McAlester, Oklahoma, dan meninggal pada tanggal 26 Juli 1978. Ketika masih kecil ia pindah ke Texas, kemudian pindah ke California pada usia 7 tahun. Setelah lulus dari San Jose State College ia mendapatkan beasiswa di Chouinard Art Institute di Los Angeles. Pada tahun 1934 Mary menikah dengan seorang seniman bernama Lee Blair.

Mary yang telah menginspirasikan banyak ilustrator, karya-karyanya tetap dihargai meski sudah meninggal. Pada 1991 ia menerima penghargaan Disney Legend dan pada 1996 menerima penghargaan Winsor McCay dari Asifa-Hollywood. Beberapa hasil karyanya dapat dilihat di situs ini.

Dalam ulang tahunnya yang ke-100 Google Doodle memperingatinya dengan menampilkan logo google dengan gambar seorang gadis kecil berambut pirang, lengkap dengan ilustrasi warna-warni favorit khas anak-anak. Apabila kursor digeser ke gambar tersebut, maka akan muncul tulisan "Mary Blairs 100 Birthday".


0 komentar: